Multitasking Adalah Mitos, Ini dia 8 Tips Untuk Menghindari Multitasking
Pernah kah kita dihadapkan
realitas pekerjaan atau kewajiban yang menumpuk ? Lalu, kita memutuskan untuk
mengerjakannya secara sekaligus dalam satu waktu dengan tujuan selesai tepat
waktu. Mungkin, ini Multitasking karena sudah mengerjakan dan
menyelesaikannya secara sekaligus. Tapi, kenyataanya itu adalah Mitos /
Kesalahan yang begitu besar karena multitasking mempunyai banyak hal negatif.
Seperti tingkat kualitas rendah, kecepatan kerja menurun dan mengurangi kekreativitas
otak kita. Menurut sebuah penelitian “Melakukan multitasking secara berulang –
ulang menyebabkan otak menjadi lelah dan
menurunkan kreatifitas otak kita” Selain itu suatu penelitian tahun 2007 juga menyatakan
“ Pengetahuan karyawan yang diinterupsi setiap 3 menit oleh E-mail dan gangguan
akan menurunkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan” Menurut Dr
Sandra Bond juga mengatakan “ Multitasking adalah pemikiran yang dangkat
mengurangi kreatifitas. Meningkatkan kesalahan dan menurunkan kemampuan untuk
menfilter informasi yang tidak relevan.” Nah, lalu bagaimana cara kita agar
mengatur pekerjaan supaya lebih baik ?
Ada 8 Tips Untuk Menghindari
Multitasking
1. Buat
Jadwal Pekerjaan
Buatlah daftar
pekerjaan dalam periode waktu tertentu. Lebih baik lagi jika kita mengategorikan
pekerjaan yang akan kita lakukan. Contohnya seperti Tugas Sekolah, Tugas Rumah,
Dll. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk memilih tugas yang akan
dikerjakan terlebih dahulu.
2. Siapkan
Catatan
Hal ini
diperlukan agar kita bisa mencatatat apa saja yang telah kita lakukan dan apa saja
yang harus kita lakukan. Sehingga kita tidak kebingungan dalam memisahkan pekerjaan.
3. Rencanakan
Hari Secara Spesifik
Buatlah jadwal
yang jelas setiap harinya. Misal 1 pekerjaan itu bisa diselesaikan dalam jangka
waktu 1 jam atau 2 jam. Sediakan waktu kosong untuk melakakukan pekerjaan
mendadak.
4. Kerjakan
Hal Penting Di Awal Waktu
Sebaiknya
kerjakan pekerjaan utama terlebih dulu, baru pekerjaan yang lainnya. Sehingga
kita akan bisa lebih tenang
5. Hindari
Gangguan
Saat mengerjakan
sesuatu pekerjaan fokuslah. Hindari gangguan untuk mengecek Handphone, menonton
tv, dan berbincang – bincang. Ketika tugas kita selesai, tentu kita akan lebih
punya banyak waktu untuk bersenang – senang
6. Masukan
Tugas Baru Ke Dalam Perencanaan
Tugas – Tugas baru
akan terus berdatangan. Tapi, ketika tugas baru itu tidak mendesak. Maka,
berfokuslah untuk mengerjakan tugas yang sedang dikerjakan
7. Selesaikan Tugas Yang Mendesak
Jika tugas baru
terbilang mendesak. Kita boleh mendahulukan tugas baru tersebut. Namun, buatlah
catatan atas pekerjaan yang kita lakukan
8. Nikmatilah
Proses Bekerja
Jangan terus –
terusan bekerja tanpa istirahat. Kita manusia tentunya membutuhkan istirahat
yang cukup
Nah, itulah
beberapa hal tentang multitasking
0 komentar:
Posting Komentar