Rabu, 17 Maret 2021

Multitasking Adalah Mitos - Lia Aprilia

 

Multitasking Adalah Mitos, Ini dia 8 Tips Untuk Menghindari Multitasking



Pernah kah kita dihadapkan realitas pekerjaan atau kewajiban yang menumpuk ? Lalu, kita memutuskan untuk mengerjakannya secara sekaligus dalam satu waktu dengan tujuan selesai tepat waktu. Mungkin, ini Multitasking karena sudah mengerjakan dan menyelesaikannya secara sekaligus. Tapi, kenyataanya itu adalah Mitos / Kesalahan yang begitu besar karena multitasking mempunyai banyak hal negatif. Seperti tingkat kualitas rendah, kecepatan kerja menurun dan mengurangi kekreativitas otak kita. Menurut sebuah penelitian “Melakukan multitasking secara berulang – ulang menyebabkan otak  menjadi lelah dan menurunkan kreatifitas otak kita” Selain itu suatu penelitian tahun 2007 juga menyatakan “ Pengetahuan karyawan yang diinterupsi setiap 3 menit oleh E-mail dan gangguan akan menurunkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan” Menurut Dr Sandra Bond juga mengatakan “ Multitasking adalah pemikiran yang dangkat mengurangi kreatifitas. Meningkatkan kesalahan dan menurunkan kemampuan untuk menfilter informasi yang tidak relevan.” Nah, lalu bagaimana cara kita agar mengatur pekerjaan supaya lebih baik ?

Ada 8 Tips Untuk Menghindari Multitasking

1.       Buat Jadwal Pekerjaan

Buatlah daftar pekerjaan dalam periode waktu tertentu. Lebih baik lagi jika kita mengategorikan pekerjaan yang akan kita lakukan. Contohnya seperti Tugas Sekolah, Tugas Rumah, Dll. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk memilih tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

2.       Siapkan Catatan

Hal ini diperlukan agar kita bisa mencatatat apa saja yang telah kita lakukan dan apa saja yang harus kita lakukan. Sehingga kita tidak kebingungan dalam memisahkan pekerjaan.

3.       Rencanakan Hari Secara Spesifik

Buatlah jadwal yang jelas setiap harinya. Misal 1 pekerjaan itu bisa diselesaikan dalam jangka waktu 1 jam atau 2 jam. Sediakan waktu kosong untuk melakakukan pekerjaan mendadak.

4.       Kerjakan Hal Penting Di Awal Waktu

Sebaiknya kerjakan pekerjaan utama terlebih dulu, baru pekerjaan yang lainnya. Sehingga kita akan bisa lebih tenang

5.       Hindari Gangguan

Saat mengerjakan sesuatu pekerjaan fokuslah. Hindari gangguan untuk mengecek Handphone, menonton tv, dan berbincang – bincang. Ketika tugas kita selesai, tentu kita akan lebih punya banyak waktu untuk bersenang – senang

6.       Masukan Tugas Baru Ke Dalam Perencanaan

Tugas – Tugas baru akan terus berdatangan. Tapi, ketika tugas baru itu tidak mendesak. Maka, berfokuslah untuk mengerjakan tugas yang sedang dikerjakan

7.        Selesaikan Tugas Yang Mendesak

Jika tugas baru terbilang mendesak. Kita boleh mendahulukan tugas baru tersebut. Namun, buatlah catatan atas pekerjaan yang kita lakukan

8.       Nikmatilah Proses Bekerja

Jangan terus – terusan bekerja tanpa istirahat. Kita manusia tentunya membutuhkan istirahat yang cukup

 

 

Nah, itulah beberapa hal tentang multitasking


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hallo Kawan

Kalau burung terbang melayang akan hingga di pucuk batang, kalau di hati ada rasa sayang walau jauh tetap datang

Alamat:

Kota Hujan, Jawa Barat

Jam Kerja:

Senin - Jum'at

Gmail:

n.liaprilia2504@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Flickr Images

Random Posts

3/random/post-list

Subscribe Us

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

About Me

About Me
Hi, I am Sabnum Sucree. Professional Blogger and writer. I like to share my knowledge and experience. Thanks for visiting my site.

Sponsor

Ads

Breaking News

Recent Posts

Pages

Ticker

6/recent/ticker-posts